23 February 2019



Judul Buku : Tentang Kamu
 Penulis : Tere Liye
 Penerbit : Republika
Tebal : 524 Halaman
Terbit : Oktober 2016

Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu. Ini adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita.
Terima kasih. Nasihat lama itu benar sekali, aku tidak menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi.
Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi.
Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalirseperti sungai kehidupan.
***

Kemunculan buku ini langsung hits dimasyarakat pada saat itu. Namun saya tidak langsung membelinya. Sementara itu, saya menebak-nebak seperti apa isi buku itu. Kalau dilihat dari judulnya sepertinya tentang cinta-cintaan. Tapi disisi lain, gambar pada cover buku adalah sepatu usang. Menyiratkan sebuah keprihatinan.

Tidak seperti karya-karya Tere Liye sebelumnya, pilihan latar pada novel Tentang Kamu diawali serta diakhiri dengan hal yang berbeda yaitu berlatar di luar negeri seperti London dan Paris, walaupun begitu Tere Liye juga masih mempertahankan gaya ceritanya dengan menggunakan latar di Indonesia sebagai alur kisahnya seperti Kota Jakarta, Surakarta Jawa Tengah dan Pulau Bungin di Sumbawa. Berikut akan dijabarkan kepada Anda beberapa hasil resensi dari novel Tentang Kamu. Silahkan disimak.

Novel ini dimulai dengan seorang tokoh bernama Zaman Zulkarnaen yang berprofesi sebagai seorang pengacara muda asal Indonesia di firma hukum Thompson & Co yang bertempat di Belgrave Square, London. Zaman mendapat tantangan dari Sir Thompson untuk memecahkan sebuah kasus hukum tentang pembagian harta warisan seseorang yang bernama Sri Ningsih yang meninggal di panti jompo La Cerisaie Masion de Retraite, Paris. Namun begitu panjang dan tidak mudah mencari tahu tentang Sri Ningsih. Sri Ningsih seakan-akan membuat berbagai petunjuk agar Zaman dapat memahami betapa keras kehidupannya. 

Tentang Kamu memiliki kesan moral yang luas. Diantaranya mencakup tentang hubungan antar manusia serta perjuangan hidup seseorang untuk menjadi yang lebih baik. Kemudian setting atau latar cerita yang sangat variatif, selalu berhasil dideskripsikan secara baik oleh Tere sehingga  para pembacanya dapat ikut membayangkan tempat kejadian tersebut.

Setiap tokoh pada novel ini sudah memiliki peran dengan porsi yang sangat pas sehingga dapat berkontribusi secara baik untuk dapat menghasilkan setiap cerita dengan klimaks yang tepat. Tokoh atau karakter tambahan juga memberikan warna yang berbeda bagi novel karena memiliki karakter serta latar yang berbeda-beda.

Plot yang disuguhkan pada novel Tentang Kamu ini menggunakan plot campuran yaitu flash back (alur mundur) dan juga flash forward (alur maju). Dimana dengan plot campuran ini Tere berhasil membuat kita kagum akan kepiawanannya dalam menulis novel. Ditambah lagi dengan gaya bahasa yang tidak biasanya. Pada novel-novel sebelumnya, Tere selalu menggunakan bahasa Indonesia sementara Tentang Kamu Tere bereksperimen dengan dialek setempat. Seperti biasa, Tere berhasil membuat pembaca penasaran dengan mengakhiri bab-bab novel tersebut dengan ending yang menggantung, sehingga membuat pembaca ingin terus mengikuti kelanjutan ceritanya

Disetiap novel pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya terletak pada beberapa aspek yaitu memiliki gaya bahasa yang ringan sehingga dengan mudah dipahami, lalu banyak pesan moral yang diperoleh, alur ceritanya  yang membuat pembacanya merasakan keseruan mengikuti cerita novel ini. Lalu, akhir cerita yang mengejutkan dan selalu membuat penasaran hingga akhir.

Kekurangan dari novel ini hanya banyaknya kesalahan penulisan yaitu yang seharusnya Sri Ningsih menjadi Sri Rahayu serta judul yang kurang nyambung dengan isi cerita, karena tentang kamu hanyalah judul lagu (dalam cerita tersebut), sehingga terasa hanya seperti tempelan saja. Judul seperti tidak lahir dari keseluruhan cerita

1 komentar:

  1. Di rumah ada buku ini, tapi blm sempat baca. Iya hits banget ya pada jaman itu hehe. Sayang banget klo bnyk salah penulisan

    ReplyDelete

Warung Blogger